News

Kegiatan Penulisan Artikel Publikasi Ilmiah Mahasiswa Tahun 2018

Rifa Yusya Adilah (Akademi Televisi Indonesia) dan Hanif Nurfaid P (Sekolah Tinggi Desain Interior InterStudi) Pemenang Terbaik Pertama Lomba Karya Feature dan Fotografi Mahasiswa Kopertis Wilayah III Tahun 2018

Bogor, 6 Juli 2018.

Biong, Ojek PSK Puncak, karya Rifa Yusya Adilah (Akademi Televisi Indonesia) berhasil meraih pemenang Terbaik Pertama, pada Lomba Karya Feature yang diselenggarakan bersamaan dengan pelaksanaan Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Mahasiswa Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di lingkungan Kopertis Wilayah III yang diselenggarakan pada tanggal 4 s.d. 6 Juli 2016 di Hotel Seruni, Cisarua, Bogor. Sedangkan, Hanif Nurfaid P (Sekolah Tinggi Desain Interior InterStudi) menjadi Fotografer terbaik Pertama dengan judul “Banyak Wortel Di Puncak”.

Sementara itu, untuk Pemenang Terbaik Kedua Karya Feature dimenangkan oleh Desti Lia Astutik (Akademi Farmasi Bhumi Husada), Terbaik Ketiga adalah Edita Anjani Putri Kenika (STIKS Tarakanita),  untuk karya Fotografi Terbaik Kedua diraih Muhammad Andi Fikriansyah (STMIK Jakarta STI&K), Terbaik Ketiga Henny Agustine Ratuwongo (Akademi Keperawatan Andalusia), kepada masing-masing pemenang mendapat uang pembinaan, dan piagam penghargaan. Selain itu, seluruh karya feature terbaik akan dimuat di Harian Koran Jakarta.

Dalam sambutannya, Koordinator Kopertis Wilayah III, yang diwakili oleh Sekretaris Pelaksana, mengharapkan agar mahasiswa sebagai peserta pelatihan dapat memanfaatkan kegiatan dengan sebaik-baiknya, “ karena itu bakat menulis jika dikembangkan akan mendukung pilihan pendidikan , bahkan bisa menjadi karier utama di kemudian hari,”. Selain itu, tambahnya, karier dan keberhasilan seseorang sering kali tidak ditentukan oleh latar belakang pendidikannya, melainkan oleh minat dan bakat yang kemudian dilatih dan dipraktekkan menjadi positif”.

Pelaksanaan Pelatihan Jurnalistik Mahasiswa diikuti 100 mahasiswa dari 50 PTS, peserta terbagi menjadi kelompok fotografi dan jurnalistik. Selain peserta diwajibkan melakukan peliputan sebagai bahan penulisan feature, diawal kegiatan peserta juga mengikuti outbond dan pada hari terakhir seluruh peserta mengikuti kegiatan tracking  menyelusuri alam desa Cisarua dan perbukitan Gunung Mas. (iy)